Breaking News

Asa Kreativitas dan Imajinasi dalam Unjuk Performa


Nektar News  Selasa, 23 April 2024 tepatnya di hari kedua, SMPN 1 Krembung mengadakan sumatif unjuk performa atau biasanya disebut dengan ujian praktik kelas 9 dengan mata pelajaran Seni Budaya dan Bahasa Indonesia yang mengasah kreativitas dan imajinasi peserta didik. 


Kelas 91-94 ujian praktik Bahasa Indonesia terlebih dahulu dan 95-98 melaksanakan ujian praktik seni budaya terlebih dahulu. Setelah menerima informasi terkait ujian praktik, mereka segera bergegas untuk menempati ruang dan menyiapkan bahan-bahan beserta alat-alat yang diperlukan.

Kelas 91-94 berada di kelas masing-masing untuk membuat cerita inspiratif, sedangkan kelas 95-98 berada di aula untuk melaksanakan ujian praktik seni budaya membuat teknik cetak tinggi.

Setelah kelas 91-94 melaksanakan unjuk bahasa Indonesia dan kelas 95-98 sudah melaksanakan ujian praktik seni budaya, mereka langsung bergegas untuk performa selanjutnya yaitu yang tadinya kelas 91-94 Bahasa Indonesia dilanjutkan dengan melaksanakan performa seni budaya begitu juga sebaliknya. 

Bahan yang dibutuhkan untuk melakukan seni budaya yaitu cat acrilic hitam atau putih tergantung kaos yang akan dipakainya. Lalu gambar yang sudah dibuat kemudian diterapkan pada kaos yang akan diberi cat. 

Unjuk performa Bahasa Indonesia yaitu membuat cerita inspiratif, yakni cerita yang dapat menginspirasi semua orang. Setiap peserta didik dibagikan satu persatu kertas folio untuk menuliskan cerita inspiratif di lembaran tersebut sesuai dengan struktur cerita inspiratif. 

"Unjuk performa pada hari Selasa lumayan membuat saya deg-degan terutama seni budaya, saya takut tidak jadi dan waktu pengerjaan harus sangat sabar dan teliti untuk memotong garis tepi-tepinya, tadi sangat seru meski sedikit malu karena hasil karya cetak tinggi disuruh untuk dipakai kaosnya saat dinilaikan," ucap Alfira.


Akifa Najwa Az Zahra
Siswa SMP Negeri 1 Krembung

Tidak ada komentar